CARA BUDIDAYA TANAMAN LIDAH BUAYA


Tanaman Lidah Buaya adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat; bagi kesehatan manusia. Dilihat dari prospek pasar, ternyata permintaan akan lidah buaya sangat banyak, namun tingkap produksi tanaman lidah buaya masih sangat kurang di Indonesia. Sehingga dengan prospek pasar yang luar dan peluang yang besar maka sangat disayangkan jika tidak dikembangkan, untuk itu budidaya lidah buaya harus ditingkatkan. Melihat kondisi lingkungan di wilayah Indonesia sangat sesuai dan cocok untuk budidaya lidah buaya.

Berikut ini adalah cara dan teknik budidaya lidah buaya :

Penyiapan Lahan
Lakukan persiapan pada lahan dengan membajaknya dan digemburkan lebih dahulu. Jangan lupa membuat drainase dan bendungan jika perlu sehingga memudahkan anda dalam mendapatkan air, atau membuang kelebihan air saat musim penghujan. Pembuatan bedengan dengan ukuran 1 x 2 meter dan tinggi 30 - 40 cm sedangkan panjang supaya disesuaikan dengan panjang / lebar lahan.

Pembibitan Lidah Buaya
Pembibitan dilakukan secara vegetatif, yaitu dengan cara mencari anakan pada tanaman induk. Caranya dengan dicongkel tetapi pada bagian akar diupayakan agar tidak putus. Anakan yang diperoleh di tanam pada polybag. Waktu atau lama pembibitan sekitar 3 - 5 bulan.

Penanaman Lidah Buaya di Lahan
Setelah mencapai usia 3-5 bulan dari penanaman di polybag. Bibit yang sudah disiapkan ditanam pada lubang dengan kedalaman lebih dari 10 Cm. Yang harus diperhatikan pada saat penanaman adalah usahakan bibit tidak terhimpit dan daun tidak patah.

Perawatan dan Pemeliharaan lidah buaya
Pemeliharaan tanaman lidah buaya adalah dengan melakukan penyiangan, penyiraman dan pemberian pupuk. Pupuk kandang yang sudah matang ( sudah jadi tanah ) sebanyak 2 - 5 kg pada 1 - 2 mingu sebelum ditanam dengan menaruhnya pada lubang tanam. Setelah ditanam ( pasca tanam ) anda tinggal memberi pupuk seperti urea. Dan untuk mencegah hama anda bisa menggunakan furadan dengan cara di taburkan pada sekitar tanaman.

Pemanenan Lidah Buaya.
Lidah buaya siap dipanen pada umur sekitar 12 - 18 bulan setelah ditanam. Panen bisa dilakukan setiap bulan. Saat panen lidah buaya sebaiknya pelepah lidah buaya segera dibawa ke tempat penyortiran, kemudian dibungkus dan di proses lebih lanjut.

 

SUMBER :

http :// www.htysite.com

8 komentar:

  1. makasih, membantu banget buat tugas ku

    BalasHapus
  2. terimakasih untuk infomasinya

    BalasHapus
  3. makasih infonya sangat berguna sekali

    BalasHapus
  4. makasih infonya sangat berguna sekali

    BalasHapus
  5. Saya mulai tertarik nih....
    Adakah info pasar yg bisa di share kan..?
    Trimakasih

    BalasHapus

MetaTag

cara cara penanaman, industri pertanian, mesin pertanian, teknologi pertanian, ilmu pertanian, ekonomi program, ilmu ekonomi pertanian, ekonomi pertanian, dan tani, budidaya, artikel budidaya tanaman, budidaya tanaman perkebunan, tanam buah, ilmu pertanian, cara menanam organik, menanam dalam pot, budidaya pertanian